Kesalahan pasti terjadi, khususnya di tempat kerja. Ada kemungkinan rekan
kerja anda akan menjadikan kejadian ini sebuah kondisi untuk
"dikenang" seumur hidup dan hal ini menjadikan tempat kerja sebagai
"neraka" bagi diri anda.
Terkadang kita harus
menyadari hal ini, dan perlu mengambil tindakan terbaik untuk diri kita, yaitu meminta maaf.
menyadari hal ini, dan perlu mengambil tindakan terbaik untuk diri kita, yaitu meminta maaf.
Berikut beberapa "tips" yang dapat digunakan sehingga proses meminta maaf menjadi lebih efektif :
1. Bersegera melakukan sesuatu.
Sesungguhnya hal ini sederhana, setelah
"kejadian" biasanya kita mengalami masa "Adduuhhh... kenapa bisa
gini ya". Kondisi seperti ini lumrah untuk terjadi dan jangan sampai
disikapi terlalu lama.
Segera tenangkan diri dan bergegas untuk menyampaikan informasi mengenai
kekeliruan yang terjadi khususnya jika ini berhubungan dengan atasan. Jangan
sampai atasan mendengar kekeliruan kita dari orang lain.
2. Bersikap Jujur
Sampaikan
secara terbuka, bahwa kita
menyadari telah melakukan kekeliruan
dan memutukan secara terbuka untuk
meminta maaf dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.
3. Rendah Hati
Bersikaplah rendah hati pada saat kita melakukan
permintaan maaf, jangan berargumen ataupun mencoba memberikan alasan. Fokuskan
diri untuk menyelesaikan secara baik prosesi permintaan maaf.
4. Bertanggung Jawab
Jangan hanya berdiam,tawarkan solusi atas
kekeliruan yang kita lakukan, sesederhana apapun solusi yang bisa kita fikirkan
saat itu. Sampaikan dengan cara yang baik dan dalam keadaan yang tenang. Akan
lebih baik jika kita mampu melakukan sedikit "riset" yang berhubungan
dengan solusi kita.
5. Move on
Satu kesalahan yang kecil tidak akan menjadikan
diri kita payah. Tutupi kesalahan yang kita lakukan dengan melakukan lebih
banyak hal baik. Seperti pepatah dari seorang ulama " Kita jawab
kebingungan ini dengan amal soleh". Amal soleh disini berarti perbuatan
baik yang di setujui oleh kalangan dunia dan akhirat.
Banyak hal yang bisa menjadi objek perbuatan baik bagi kita, OB, rekan
kerja, atasan, bos gede, bahkan klien. And you know what, perbuatan baik bisa
mulai dari minjemin bolpen, ngambilin gelas, beli gorengan 5000 dan bagikan, dan lain-lain.
Semoga bermanfaat,
Wallahu a’lam bishshowaab
Tidak ada komentar:
Posting Komentar