Senin, 06 Januari 2020

Loyalitas tuntas

Apaan sih loyalitas?

loyalitas secara KBBI (Kamus Bahasa Indonesia) memiliki arti ; kepatuhan, kesetiaan.

loyalitas itu sebuah kesepakatan  yg di eksplisitkan sejak awal sehingga pihak2 yg berkaitan memahami perannya dalam muamalah (hubungan) yang akan dijalani, bahasa singkatnya "ikrar yg diawali dengan kesepakatan".

misalnya di sebuah perusahaan, mereka harus menjelaskan sejak awal kepada pegawainya bahwa semua "anashir" di perusahaan tersebut harus siap loyal kepada tujuan perusahaan di tahun X dan pengembangan bisnisnya selama X tahun.

Dalam skup keseharian yg lebih personal,  saya pernah diskusikan dengan temen muda, sebagai bekal sebelum beliau mencari istri "nanti saat khitbah dedek dedek yg mw dinikahi , sampaikan di depan ia dan bapaknya kalo kamu pengen masuk syurga bareng sama dia,  terus jgn paksa dia jawab cepet, kasih dia waktu leluasa utk jawab pernyataan kamu" .

Sebuah pernyataan sederhana utk mengenal "loyalitas" wanita yg akan beliau nikahi dgn mencari kesepakatan atas sebuah tujuan,  dan hasilnya saat ini saya perhatikan adalah kuatnya loyalitas beliau dan istri-istrinya dalam menjalani riak-riak kehidupan yang kalau kita lihat secara kasat mata terasa berat.

Apa konsekuensi dari tdk mendapatkan "loyalitas" ?  tinggal " berjalan"  mencari bentuk loyalitas lain yg kita sepakati.
Hidup dipenuhi loyalitas kok, berlepas dari loyalitasnya memiliki tujuan baik atau buruk

Mohon di perhatikan juga kalimat "sejak awal" yg saya sertakan dalam paragraf-paragraf di atas.

Wallahu a'lam bisshowaab

Note :
Tulisan ini merupakan sebuah refleksi seorang hamba yg tengah berdoa & berusaha utk selamat dalam kehidupan dunia dan akhiratnya

Tidak ada komentar:

Posting Asyik hari ini

Bahagia itu Rumit

Temen-temen semua *BAHAGIA ITU (nggak) RUMIT* Cukup merubah mindset kita dengan mengatakan: Alhamdulillah , lalu mulailah mempe...