Minggu, 02 Agustus 2015

Kenapa harus Islam ?

Sering saya bertemu dengan rekan-rekan mualaf yang bertanya "Kenapa harus islam? Ada banyak agama lain di muka bumi ini".

Maha suci Allah, saya selalu tertegun atas pertanyaan mereka ini. Karna pertanyaan ini menunjukkan kesungguhan mereka untuk mendapatkan hal yang terbaik dari upaya mereka untuk memeluk dan menjadikan islam sebagai panduan hidup mereka.





Dan saya seringkali hanya bisa menjawab dengan keilmuan yang sangat terbatas. "Pertanyaan anda sederhana, dan jawabannya juga sangat sederhana, karna saya yang menjawab, akan tetapi proses menikmati jawaban ini akan menjadi sangat luas dan menyenangkan.

Ketauhilah bahwa Islam sebagai agama memiliki tujuan. Tujuan dari agama islam adalah :

1. Menjaga dan memelihara Jiwa. Islam memberi value yang tinggi atas keselamatan Jiwa. Salah satunya -melalui hukum-hukum yang memiliki dampak prefentif atas tindakan kejahatan yang memberikan dampak kerusakan atau penghilangan jiwa manusia.
 2. Menjaga dan memelihara akal, melalui berlimpahnya kebaikan (pahala) yang Allah SWT sediakan atas kegiatan pencarian ilmu dan kemuliaan bagi orang-orang yang berilmu.
 3. Menjaga dan memelihara harta, melalui aturan syariah yang pada saat ini dikenal dengan nama ekonomi Islam, dimana salah satu produknya adalah Saham syariah, kredit syariah, asuransi syariah. Aturan syariah dibuat untuk memastikan optimalnya keridhoan & keuntungan pihak- pihak yang melakukan transaksi.
 4. Menjaga dan memelihara kehormatan, salah satunya melalui menjaga hukum-hukum yang memandu perilaku manusia sebagai makhluk sosial ataupun individu.
 5. Menjaga dan Memelihara agama. Dengan cara memastikan terjaganya Al-quran dan hadis melalui implementasi perintah & menjauhi larangannya.

Islam memahami kelima hal ini sebagai sebagian faktor utama dalam kehidupan ini.
Sebetulnya banyak jawaban lain yang bisa kita paparkan untuk dinikmati bersama.
Semoga kita bisa membahas kembali hal ini.

Wallahu a'lam bish showaab

Tidak ada komentar:

Posting Asyik hari ini

Bahagia itu Rumit

Temen-temen semua *BAHAGIA ITU (nggak) RUMIT* Cukup merubah mindset kita dengan mengatakan: Alhamdulillah , lalu mulailah mempe...