Rabu, 12 Agustus 2015

Tubuh Kita dan Pola Makan

Informasi ini saya terima dari seorang praktisi  yang sudah melakukan hal ini selama 10 tahun. Beliau saat ini mengemban amanah sebagai seorang presiden direktur sebuah perusahaan infrastruktur dan terlihat selalu fit dengan segala kesibukan nya

courtesy erwin kusnandar 

Berikut pemaparan beliau yang saya paparkan dalam tulisan ini :

Allah memberikan tubuh dengan fungsi yang terbaik, dan seringkali kita tubuh ini kita  sia-siakan sehingga meyebabkan sakit. Kita perlu merubah pola hidup khususnya pola makan, ingatlah semua makanan halal kecuali yg dilarang oleh ALLAH SWT (need further explanation on these subject).




Tubuh kita di desain Allah SWT secara kimiawi bersifat basa, sehingga makanlah makanan yg bersifat basa spt sayur dan buah, sayur hrs 1/3 nasi
Banyak meminum air campur jeruk lemon atau Limau yg akan membantu tubuh kita bersifat basa, hindari gorengan dan perbanyak yg direbus atau kukus

PH tubuh batasnya adalah angka 7, jika diukur dan  lebih dari 7 maka jadi basa dan jika kurang dari 7 akan bersifat asam.Kuman bakteri virus tidak suka dg tubuh yg bersifat basa shg org yg banyak makan buah dan sayur akan jarang sakit.

Oleh karna itu bisa di coba untuk makan buah 3 x sehari, saat bangun tidur seblm sarapan lalu jam 10an lalu jam 16an.

Pon selanjutnya adalah tentang perut. Perut kita hanya bisa mengeluarkan satu enzym saja saat ada makanan yg masuk, sehingga tdk boleh dicampur antara karbohidrat dan protein. Pilihannya hanya sayur yg boleh disertai karbo atau protein, tetapi protein tdk boleh dicampur dg Karbo.

Saat protein tercampur dgn karbo, hanya satu saja yang akan terolah, karena enzym hanya dapat memproses satu jenis, makanan jenis lain akan membusuk terbuang tidak terserap oleh tubuh.
Termasuk jika mengkonsumsi buah segera setelah makan, maka buah akan membusuk di usus akibat antri menunggu proses pengolahan.

Disinyalir  hal ini menjadi penyebab banyak org Indonesia yg sdh makan banyak, tp masih merasa lemas (ngantuk?). Hal ini akibat hanya 40% dari makanan yg diolah dan terserap oleh tubuh, kondisi ini menyebabkan kegiatan makan kita menjadi tidak efisien (a bit mubazir).

In short,  kombinasi nasi + sayur atau sayur + daging/ikan dapat menjadi alternatif sebagai pilihan menu kita. Dan makan buah sebaiknya 30 menit sebelum makan atau 1 jam setelah makan.

Put this in mind my dear fellow. Kesehatan itu sangat berharga, dengan sehat kita bisa maksimal melaksanakan perintah ALLAH SWT dan menjauhi laranganNYA. Dengan menjaga sehat, berarti kita menghargai tubuh yang merupakan Amanah dari ALLAH SWT. Menjaga amanah Allah, berarti kita berhak atas pahala dan ridhoNYA. 


Wallahu a'alam bis showaab

Tidak ada komentar:

Posting Asyik hari ini

Bahagia itu Rumit

Temen-temen semua *BAHAGIA ITU (nggak) RUMIT* Cukup merubah mindset kita dengan mengatakan: Alhamdulillah , lalu mulailah mempe...