Jumat, 17 Juni 2016

Tafakkur : Mengenal organ tubuh

Mengenal organ tubuh merupakan salah satu bentuk rasa syukur kepada ALLAH SWT. Dimana perwujudannya adalah dengan doa syukur dan menjaga fungsi organ tubuh tersebut agar senantiasa baik.


Kali ini saya tertarik untuk berbicara tentang liver, atau yang dalam bahasa kita sehari-hari disebut dengan hati.

Liver adalah organ utama untuk menghilangkan hal-hal yang berbahaya dalam aliran darah kita, proses menghilangkan racun ini dinamakan detoksifikasi.
Liver menghilangkan sel-sel yang mati ataupun abnormal, jamur, bakteri, virus, parasit, protein yang abnormal,bahan kimia buatan, dan hal-hal asing yang berbahaya bagi tubuh kita.

Jika liver mengalami beban kerja yang berlebih,
maka kita akan merasakan hal-hal seperti :

  1. Mudah sakit pencernaan, susah BAB, sering sekali pipis
  2. Mood yang mudah berubah, depresi, susah konsentrasi, sering lupa
  3. Alergi yang makin menjadi dalam bentuk alergi kulit, asthma, hidung berair padahal nggak pilek
  4. Sering pusing
  5. Darah tinggi
  6. Kadar gula tubuh yang tidak terkendali menyebabkan pegal-pegal, sering   pusing, keinginan yang kuat untuk mengkonsumsi makanan/minuman manis dalam jumlah banyak.
  7. Turunnya kemampuan tubuh mengolah makanan berlemak (obesitas)
  8. Keringat berlebihan dan bau badan


Jadi perlu kita menyadari hal ini sehingga dapat memastikan menjaga pola konsumsi kita (makan dan minum) yang sesungguhnya telah banyak ALLAH SWT sampaikan melalui AL-quran dan dicontohkan Rasulullah SAW melalui banyak hadisnya.

Hal indah yang dapat kita rasakan berkenaan dengan penjagaan organ tubuh adalah ketetapan shaum di selama satu bulan pada bulan Romadhon. Betapa syariat shaum ini dapat menjadi jalan bagi organ tubuh kita untuk beristirahat secara baik dan bertugas lebih ringan karna lamanya kita menghentikan pasokan makan dan minum.

Enak yah kalo nurut apa yang ALLAH perintahkan & menjauhi apa yang ALLAH larang, banyak manfaat yang muncul tanpa kita sadari dan memberikan banyak kebaikan.

Wallahu a'lam bishshowaab
Sumber : Dr Christina Scott-Moncrieff, Complete detox workbook, C&B Health

Tidak ada komentar:

Posting Asyik hari ini

Bahagia itu Rumit

Temen-temen semua *BAHAGIA ITU (nggak) RUMIT* Cukup merubah mindset kita dengan mengatakan: Alhamdulillah , lalu mulailah mempe...