Minggu, 11 Maret 2018

Life is not just a...


Saya dapatkan surat ini saat melakukan tilawah di malam minggu. Entah bagaimana, ayat ini terus muncul dengan "cantiknya" dalam hati dan fikiran.

These are the verses,

Alquran surat Yunus (10:7-8)



إِنَّ ٱلَّذِينَ لَا يَرْجُونَ لِقَآءَنَا وَرَضُوا۟ بِٱلْحَيَوٰةِ ٱلدُّنْيَا وَٱطْمَأَنُّوا۟ بِهَا وَٱلَّذِينَ هُمْ عَنْ ءَايَٰتِنَا غَٰفِلُونَ

أُو۟لَٰٓئِكَ مَأْوَىٰهُمُ ٱلنَّارُ بِمَا كَانُوا۟ يَكْسِبُونَ



Sesungguhnya orang-orang yang tidak mengharapkan (tidak percaya akan) pertemuan dengan Kami dan merasa puas dengan kehidupan dunia serta merasa tenteram dengan (kehidupan) itu, dan orang-orang yang melalaikan ayat-ayat Kami,mereka itu tempatnya di neraka karena apa yang telah mereka lakukan.

Dalam tafsir disampaikan,


Sesungguhnya orang-orang yang tidak beriman kepada hari kebangkitan dan hari pertemuan dengan Allah pada hari akhir, berkeyakinan--atas dasar praduga saja--bahwa kehidupan dunia adalah kehidupan akhir bagi mereka, yang tidak ada kehidupan setelahnya. Dengan keyakinan seperti ini, mereka merasa tenang dan tidak mengetahui apa yang terjadi setelahnya. Mereka lalai dengan ayat-ayat Allah yang menunjukkan hakikat kebangkitan dan perhitungan.
Tempat tinggal mereka adalah neraka, sebagai ganjaran atas kekufuran dan perbuatan-perbuatan buruk. yang mereka lakukan.


Kalimat yang terus muncul dalam benak saya adalah "...orang-orang yang tidak mengharapkan (tidak percaya akan) pertemuan dengan Kami (Allah SWT)..."

Kebanyakan kita mengucapkan keyakinan akan pertemuan ini, akan tetapi tidak tercermin dalam bentuk tindakan atau amal.
Kita percaya bahwa kita akan bertemu dengan Allah SWT tetapi kita tidak berhenti melakukan hal hal yg dimurkai Allah SWT. Jika kita terus melakukan hal tersebut, bayangkan akan jadi pertemuan macam apa yang akan kita hadapi kelak. Dan hasil pertemuannya sudah disampaikan pada ayat yg dikutip diatas

Sederhananya kayak gini  : males denger azan, nggak bersegera sholat, nggak mau jamaah ke masjid, tunda-tunda bayar zakat, lebih milih updgrade ke HP baru daripada sedekah, nggak mau ngasih uang ke orang tua, nggak mau tersenyum ke temen, nggak mau maafin padahal udah ada yg minta maaf, tunda-tunda haji/umroh padahal duitnya ada bingits, jarang zikr, tunda-tunda belajar Alquran, dll.
Kita bisa bikin sendiri daftar hal-hal yang berkaitan seperti diatas.

visuals--not my pics

Selayaknya jika kita sudah meyakini akan adanya "pertemuan" ini, maka kita berjuang utk melaksanakan hal-hal yang Allah SWT perintahkan kepada kita, sehingga pada saat pertemuan nanti. Yang kita dapatkan adalah kebaikan-kebaikan karna Allah SWT menyukai hal-hal yang kita lakukan.


Wallahu a'lam bish showaab
Weekend Mubaarak



*Posted using my iPhone 5s

Tidak ada komentar:

Posting Asyik hari ini

Bahagia itu Rumit

Temen-temen semua *BAHAGIA ITU (nggak) RUMIT* Cukup merubah mindset kita dengan mengatakan: Alhamdulillah , lalu mulailah mempe...