Kamis, 19 Mei 2016

Tips Meminta maaf

Kesalahan pasti terjadi, khususnya di tempat kerja. Ada kemungkinan rekan kerja anda akan menjadikan kejadian ini sebuah kondisi untuk "dikenang" seumur hidup dan hal ini menjadikan tempat kerja sebagai "neraka" bagi diri anda.
Terkadang kita harus
menyadari hal ini, dan perlu mengambil tindakan terbaik untuk diri kita, yaitu meminta maaf.

Berikut beberapa "tips" yang dapat digunakan sehingga proses  meminta maaf menjadi lebih efektif :

1. Bersegera melakukan sesuatu.
Sesungguhnya hal ini sederhana, setelah "kejadian" biasanya kita mengalami masa "Adduuhhh... kenapa bisa gini ya". Kondisi seperti ini lumrah untuk terjadi dan jangan sampai disikapi terlalu lama.
Segera tenangkan diri dan bergegas untuk menyampaikan informasi mengenai kekeliruan yang terjadi khususnya jika ini berhubungan dengan atasan. Jangan sampai atasan mendengar kekeliruan kita dari orang lain.  

2. Bersikap Jujur
Sampaikan  secara terbuka,  bahwa kita menyadari  telah melakukan kekeliruan dan  memutukan secara terbuka untuk meminta maaf dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

3. Rendah Hati
Bersikaplah rendah hati pada saat kita melakukan permintaan maaf, jangan berargumen ataupun mencoba memberikan alasan. Fokuskan diri untuk menyelesaikan secara baik prosesi permintaan maaf.

4. Bertanggung Jawab
Jangan hanya berdiam,tawarkan solusi atas kekeliruan yang kita lakukan, sesederhana apapun solusi yang bisa kita fikirkan saat itu. Sampaikan dengan cara yang baik dan dalam keadaan yang tenang. Akan lebih baik jika kita mampu melakukan sedikit "riset" yang berhubungan dengan solusi kita.

5. Move on
Satu kesalahan yang kecil tidak akan menjadikan diri kita payah. Tutupi kesalahan yang kita lakukan dengan melakukan lebih banyak hal baik. Seperti pepatah dari seorang ulama " Kita jawab kebingungan ini dengan amal soleh". Amal soleh disini berarti perbuatan baik yang di setujui oleh kalangan dunia dan akhirat.
Banyak hal yang bisa menjadi objek perbuatan baik bagi kita, OB, rekan kerja, atasan, bos gede, bahkan klien. And you know what, perbuatan baik bisa mulai dari minjemin bolpen, ngambilin gelas, beli gorengan 5000 dan bagikan, dan lain-lain.
Semoga bermanfaat,


Wallahu a’lam bishshowaab  

Tidak ada komentar:

Posting Asyik hari ini

Bahagia itu Rumit

Temen-temen semua *BAHAGIA ITU (nggak) RUMIT* Cukup merubah mindset kita dengan mengatakan: Alhamdulillah , lalu mulailah mempe...